Memperingati HUT BPK RI ke-73 Tahun 2020, BPK Perwakilan Provinsi Maluku Melaksanakan Upacara

22/01/2020 – 09:19

Ambon, 22 Januari 2020

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku pada Senin, 20 Januari 2020 melangsungkan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) BPK RI ke-73 di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Maluku. Kepala Perwakilan Muhammad Abidin, S.E., Ak., CA., bertindak sebagai Inspektur Upacara yang sekaligus membacakan amanat pidato Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Sedangkan Komandan Upacara, Ruben Sidabutar, S.E., Kasubbag Humas dan TU Kalan.

Dalam amanat pidato tersebut diharapkan dalam usia yang ke-73 ini, pertama-tama adalah penting kiranya untuk memulai introspeksi dengan menguraikan apa yang sudah kita capai dan memahami dimana kita sesungguhnya berada. Capaian sebagaimana dimaksud mencakup pelaksanaan tugas konstitusional BPK sebagai pemeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara, upaya-upaya perbaikan dan penguatan kelembagaan dan SDM serta pengakuan internasional terhadap kiprah dan kompetensi BPK sebagai pemeriksa atau Auditor eksternal. Namun harus disadari oleh kita semua, bahwa betapapun besarnya tanggungjawab dan ekspektasi masyarakat serta pemangku kepentingan terhadap BPK, ada keterbatasan yang harus direspon, baik dalam hal anggaran, sarana dan prasarana maupun kuantitas SDM. Dengan pemahaman atas keterbatasan itu dan keinginan kuat untuk memberikan nilai dan manfaat bagi perubahan dalam kehidupan masyarakat, maka didesain Visi BPK 2020-2024 menjadi Lembaga pemeriksa tepercaya yang mendorong pengelolaan keuangan yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan bernegara. Keterbatasan itu pula yang perlu direspon dengan membangun dan memperkuat kebersamaan di BPK, dan oleh karena itu pula tema yang diusung dalam HUT BPK ke-73 adalah “Bersatu padu, BPK maju”.

Upacara diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai BPK Perwakilan Provinsi Maluku. Dalam upacara tersebut dibacakan Sejarah Singkat Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia oleh Syakur Adhi Tyasmoro, Naskah Teks Pancasila dibacakan oleh Samuel Sitompul, Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Andrean Arif Suhanda. Pada saat upacara ini juga diberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada Syamsul Rizal yang telah bekerja 10 tahun di BPK. Selain menyanyikan lagu Indonesia Raya, pada Peringatan HUT BPK RI ini juga menyanyikan Hymne BPK dan Mars BPK. Setelah upacara selesai dilakukan sesi foto bersama dan dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan pengumuman para pemenang perlombaan di halaman rumah dinas/mess pegawai. (dp2)