Dukungan Psikososial Pasca Bencana pada Pegawai Kantor BPK Perwakilan Provinsi Maluku

13/11/2019 – 15:43

Ambon, 13 November 2019

Gempa bumi yang terjadi di Ambon sejak 26 September 2019 menimbulkan rasa trauma bagi Pegawai pada Kantor BPK Perwakilan Provinsi Maluku. Pegawai juga mengalami rasa transisi yang semula merasakan nyaman dalam bekerja dan beraktivitas, akhirnya harus selalu waspada dalam beraktivitas akibat gempa susulan yang belum juga berakhir. Untuk itu, Biro Sumber Daya Manusia BPK RI bersama BPK Perwakilan Provinsi Maluku melaksanakan dukungan psikologi pasca bencana pada pegawai kantor BPK Perwakilan Provinsi Maluku.

Acara tersebut berlangsung selama dua hari pada tanggal 12-13 November 2019 dan dilaksanakan di Ruang Subauditorat Kantor Sementara BPK Perwakilan Provinsi Maluku Karang Panjang. Acara dibuka oleh Kepala Sekretariat Perwakilan Ir. Indra Priyo Suseno, S.T., M.AP. dan diikuti oleh seluruh Pegawai. Dukungan psikososial disampaikan oleh Psikolog Eksternal DR. Sitti Murdiana, S.Psi., M.Si, Kepala Subbagian Konsultasi Drs. M. Wildan Samani, M.A.B., Konselor Ari Prabowo, S.Psi., M.Sc. dan Pengelola Kepegawaian Putrie Kusuma Wardhani, S.Psi.

Pada 12 November 2019 dilakukan Sharing Session antar Pegawai mengenai pengalaman dan apa yang dirasakan saat gempa terjadi. Hal ini bertujuan agar Pegawai dapat mengekspresikan apa yang dirasakan olehnya dan diharapkan dapat mengurangi tingkat stress. Kemudian dilanjutkan dengan Emotional Freedom Techniques (EFT) sebagai salah satu cara untuk mengatasi stress tanpa obat-obatan. Sedangkan, pada 13 November 2019 dilakukan Konseling untuk setiap Pegawai. (icm)