Sambut HUT BPK RI ke-72, BPK Perwakilan Provinsi Maluku Gelar Porseni, Perlombaan Tradisional dan Bakti Sosial

28/02/2019 – 10:07

Memperingati Hari Ulang Tahun Badan Pemeriksa Keuangan (HUT BPK RI) ke-72 yang jatuh pada 1 Januari 2019, BPK Perwakilan Provinsi Maluku menggelar pekan olahraga dan seni serta serangkaian perlombaan tradisional yang diikuti oleh pegawai dan pejabat di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Maluku. Serangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Maluku dan di Halaman Mess Pegawai BPK Perwakilan Provinsi Maluku.

Pelaksanaan pekan olahraga dimulai tanggal 29 November 2018-15 Desember 2018. Adapun pertandingan yang diadakan adalah bulu tangkis, tenis meja, panahan, domino, dan catur. Selain itu, diadakan juga kegiatan sosial donor darah pada tanggal 30 November 2018 di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Maluku yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Maluku.

Puncak acara diselenggarakan pada 15 Desember 2018  yang diawali dengan kegiatan sepeda santai dari Mess Pegawai BPK Perwakilan Provinsi Maluku ke Pantai Natsepa dan dilanjutkan dengan penanaman Pohon Trembesi (Samanea Saman) di Halaman Mess Pegawai BPK Perwakilan Provinsi Maluku. Kemudian, dilanjutkan dengan perlombaan tradisional yang dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori perlombaan tradisional dewasa yang diikuti oleh seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Maluku dan kategori perlombaan tradisional anak-anak yang diikuti oleh anak-anak pegawai BPK Perwakilan Provinsi Maluku.

Adapun perlombaan tradisional dewasa terdiri dari memasukkan paku dalam botol, sepeda lambat, menumpuk koin, makan kerupuk, memindahkan bola pimpong, menggiring bola dengan timun, tarik tambang, memindahkan karet, menyeberang sungai, estafet tepung, memukul balon air, pipa bocor, memindahkan belut dan merias wajah. Sedangkan perlombaan tradisional anak-anak terdiri dari memasukkan paku dalam botol, menumpuk koin, dan makan kerupuk. Pada malam 15 Desember 2018 juga dilaksanakan pentas seni perlombaan karaoke dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah untuk setiap pertandingan dan perlombaan.

Pada tanggal 20 Januari 2019 BPK Perwakilan Provinsi Maluku juga melakukan bakti sosial dengan menyerahkan buku kepada beberapa Desa yaitu Desa Hative Besar, Desa Poka, Desa Passo, Dessa Batu Merah dan Desa Nania. Pada acara penyerahan buku tersebut juga diadakan pembacaan dongeng oleh Kepala Perwakilan yang diperankan oleh Pegawai BPK Perwakilan Provinsi Maluku.

Dirgahayu BPK RI.