Kegiatan HUT RI ke-72 pada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Maluku

21/08/2017 – 11:05

Keluarga Besar BPK Provinsi Maluku

Ambon, Senin 21 Agustus 2017 – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku mengadakan rangkaian kegiatan. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 12 Agustus 2017 s.d. 18 Agustus 2017. Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai dan keluarga pada BPK Perwakilan Provinsi Maluku.

Mengawali rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, pada tanggal 12 Agustus 2017 bertempat di Mess Pegawai BPK Perwakilan Maluku dilaksanakan berbagai macam lomba. Lomba yang dilaksanakan adalah lomba makan kerupuk, lomba menirukan pahlawan, lomba komunikata dan lomba cerdas cemat. Pada sore hari diadakan lomba untuk anak-anak pegawai dengan perlombaan yang sama. Kegiatan perlombaan dilanjutkan pada tanggal 14-16 Agustus 2017. Lomba yang ditandingkan adalah dari cabang olah raga, yaitu Bulu Tangkis dan Tenis Meja.

Sebagai wujud syukur atas kemerdekaan RI, BPK PerwakilanProvinsi Maluku juga mengadakan doa bersama yang dirangkum dalam acara Malam Tirakatan BPK Perwakilan Provinsi Maluku. Malam Tirakatan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2017 pukul 19:30 WIT. Malam Tirakatan diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Perwakilan, Ade Iwan Ruswana. Setelah pemotongan tumpeng, dibacakan renungan kemerdekaan oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, Arif Rahmansyah. Mengakhiri acara Malam Tirakatan adalah doa syukur atas kemerdekaan oleh Kepala Subauditorat Maluku I, Lukman Hakim.

Tepat pada tanggal 17 Agustus 2017, dilaksanakan Upacara Bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72. Upacara dilaksanakan pada pukul 07:30 WIT bertempat di halaman gedung BPK Perwakilan Provinsi Maluku. Sebagai komandan upacara adalah Kepala Subbagian Hukum, Asdian Samsul Arifin. Kepala Perwakilan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam amanat, dibacakan oleh Inspektur Upacara pidato Ketua BPK RI, Moermahadi Soerja Djanegara. Dalam pidato tersebut disampaikan kembali tentang budaya gotong royong yang menjadi perekat sosial yang membangun kebersamaan dan harmoni di antara keberagaman ras, suku dan agama. Hal tersebut sesuai dengan tema peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Indonesia Bersama, dengan slogan Kerja Bersama, Bersama Kerja. Pada akhir pidato, Ketua BPK mengapresiasi segenap upaya dan kontribusi para pegawai BPK atas capaian BPK selama ini. Untuk selanjutnya Ketua BPK menghimbau kepada seluruh pegawai agar tetap memegang teguh integritas, independensi dan profesionalisme guna meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan terhadap BPK. Sehingga dalam momentum peringatan kemerdekaan RI ini, segala upaya BPK dalam membangun bangsa dan negara bisa menjadi kebaikan untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam pelaksanaan Upacara Bendera HUT RI ke-72, disampaikan pula penganugerahaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya. Tanda kehormatan tersebut disematkan oleh Kepala Perwakilan kepada Asil Dwi Arwan atas pengabdian 10 tahun. Rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 pada BPK Perwakilan Provinsi Maluku ditutup dengan perlombaan memancing, Ludo dan PES yang dilaksanakan setelah upacara bendera.

Lomba Makan Kerupuk

Lomba Makan Kerupuk

Malam Tirakatan BPK Perwakilan Maluku

Malam Tirakatan BPK Perwakilan Maluku

Lomba Tenis Meja

Lomba Tenis Meja

Pengibaran Bendera Merah Putih

Pengibaran Bendera Merah Putih

Kepala Perwakilan sebagai Inspektur Upacara