Media Workshop BPK Perwakilan Provinsi Maluku

28/07/2017 – 10:00

Kamis, 27 Juli 2017,- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku melaksanakan Media Workshop guna menjalin hubungan yang baik dengan seluruh media yang terdapat di Provinsi Maluku. Kegiatan Media workshop dilaksanakan di auditorium BPK Perwakilan Provinsi Maluku. Sebanyak 25 media baik nasional maupun lokal datang pada acara yang digelar oleh Sub Bagian Humas dan TU Kepala Perwakilan BPK Provinsi Maluku. Pembicara dalam workshop ini adalah Kepala Perwakilan, Ade Iwan Ruswana, dengan didampingi oleh Kepala Sub Auditorat Maluku II, Lukman R. Lumbantobing, dan Kepala Sub Bagian Hukum, Asdian Samsul Arifin. Sedangkan sebagai  moderator adalah Kepala Sekretariat Perwakilan, Arif Rahmansyah.

Kegiatan Media Workshop ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada media tentang tugas, fungsi serta output yang dihasilkan oleh BPK. Materi yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan dibagi menjadi lima sesi. Sesi pertama adalah selayang pandang BPK, dimana dalam sesi tersebut dijabarkan tugas dan fungsi BPK. Untuk sesi kedua adalah tentang keuangan maluku dalam angka yang menjabarkan tentang trend dan rasio pendapatan serta belanja. Sedangkan untuk sesi ketiga berisi tentang opini laporan keuangan, dimana dalam sesi tersebut dijelaskan trend opini, opini Tahun Anggaran 2016 dan permasalahannya. Pada sesi keempat dipaparkan tentang temuan signifikan BPK yang mengakibatkan kerugian dan potensi kerugian. Untuk sesi terakhir adalah tindak lanjut dari hasil pemeriksaan BPK.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan Media workshop ini akan dilaksanakan secara rutin sehingga diharapkan masyarakat luas dapat mengetahui sejauh mana transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

 

Siaran Pers kegiatan Media Workshop BPK Perwakilan Provinsi Maluku dapat diunduh disini.

Suasana kegiatan Media Workshop

Suasana kegiatan Media Workshop