Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2017

02/06/2017 – 08:30
Kepala Perwakilan sebagai Inspektur Upacara

Kepala Perwakilan sebagai Inspektur Upacara

Kamis (2/6) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila (1 Juni 1945 – 1 Juni 2017) di auditorium gedung BPK Perwakilan Maluku. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh pegawai dan dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Umum dan TI, Bono Wolson, sebagai komandan upacara.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Maluku, Ade Iwan Ruswana, selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden RI menekankan bahwa dilaksanakannya Upacara Hari Lahir Pancasila adalah bentuk peneguhan komitmen masyarakat Indonesia agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam sambutan tersebut juga disampaikan bahwa Hari Lahir Pancasila menjadi pengingat kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman, Bhineka Tunggal Ika. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil, dan makmur di tengah kemajemukan.

Pada akhir sambutannya Presiden RI mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Presiden RI menghimbau masyarakat untuk menjaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan di antara sesama. Serta bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa.

Selamat Hari Lahir Pancasila ( 1 Juni 1945 – 1 Juni 2017 ) !