Gempa Susulan Masih Guncang Ambalau

27/01/2016 – 14:13

SIWALIMA

Monday, 25 January 2016

Ambon – Gempa susulan berkekuatan 3,6 SR masih mengguncang Kecamatan Ambalau, Kabu­paten Bursel, Minggu (24/1) pukul  14.50 WIT.

Kendati kekuatannya tergolong kecil, namun gempa ini sangat te­rasa di Pulau Ambalau akibat pusat gempa sangat dekat.

Pusat gempa terletak pada posisi 9 km arah timut Keca­matan Ambalau dan 58 km arah timur Namrole, Kabupa­ten Bursel. Gempa tektonik yang terjadi pada pukul 14.50 WIT di kedalaman 10 km merupakan gempa su­sulan yang kedelapan kali­nya pasca gempa berke­kuatan 5,4 SR yang terjadi pekan silam.

Kepada Siwalima melalui telepon seluler, Kepala Pusat Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Ambon, Kustoro Hariyat­moko menjelaskan gempa ini tercacat terasa II-III MMI dan pasti akan sangat terasa bagi masyarakat Ambalau.

“Waktu kami meninjau lapangan saja, terjadi gempa kecil dan dirasakan oleh kami namun tidak terdekteksi oleh alat pendeteksi. Jika demikian kalau sampai terdeteksi oleh alat terasa II-III MMI maka pasti sangat terasa oleh mas­yarakat di­sana,” tandasnya

Namun ia menyebutkan ini adalah hal yang biasa dalam ilmu geologi dan hanya untuk menormalkan kulit bumi di daerah sekitar pusat gempa pekan silam.

Sebelumnya, pasca gempa tektonik 5,4 SR yang meng­guncang Kecamatan Amba­lau, pekan lalu, tercatat 1.535 warga kini tinggal di peng­ungsian. Selain itu, tercatat 288 unit rumah mengalami ke­rusakan dan 191 diantaranya rusak berat. (S-42)

– See more at: http://www.siwalimanews.com/post/gempa_susulan_masih_guncang_ambalau_1#sthash.3GsQRoJX.dpuf