UPACARA HUT BPK RI KE 69TH PADA BPK RI PERWAKILAN PROVINSI MALUKU

27/01/2016 – 13:04
Kepala Perwakilan BPK Maluku membacakan Pidato Ketua BPK RI pada upacara HUT BPK RI ke-69

Kepala Perwakilan BPK Maluku membacakan Pidato Ketua BPK RI pada upacara HUT BPK RI ke-69

Ambon, 21 Januari 2016-, bertempat di Lapangan Upacara BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku, dilaksanakan upacara HUT BPK RI ke-69. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Perwakilan, diikuti juga oleh seluruh pejabat struktural, staf BPK Perwakilan Maluku dan bertindak sebagai komandan Upacara adalah Bapak Ahmad Faiz Mubarok.

Pada Upacara kali ini petugas upacara turut membacakan sejarah singkat berdirinya BPK RI serta memperdengarkan Hymne dan Mars BPK RI. Selanjutnya Kepala Perwakilan membacakan Pidato Ketua BPK RI, dimana dalam sambutannya, secara pribadi dan atas nama pimpinan dan Anggota BPK menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-69 BPK kepada seluruh pegawai BPK dimanapun berada.

 

Para Pejabat Struktural BPK Perwakilan Maluku mengikuti upacara HUT BPK RI ke-69

Para Pejabat Struktural BPK Perwakilan Maluku mengikuti upacara HUT BPK RI ke-69

Dalam Pidato tersebut Ketua BPK RI menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan BPK sejak 2005 s.d. Semester I tahun 2015, hasil pemeriksaan BPK yang telah ditindaklanjuti oleh pemerintah sebanyak 65%. Selama periode 2003 s.d. Juni 2015, hasil pemeriksaan BPK yang disampaikan ke aparat penegak hukum sebanyak 443 temuan dengan nilai Rp44,64 triliun dan telah ditindaklanjuti sebanyak 85,1%.

Di tingkat Asia, BPK Aktif pada Asian Organization of Supreme Audit Institution (ASOSAI). Salah satu capaian BPK di level ini adalah BPK dikukuhkan menjadi salah satu anggota Governing Board di ASOSAI untuk periode 2015-2018, pada ASOSAI Assembly ke-13 di Kuala Lumpur, Malaysia, 13 Februari 2015. Di tingkat dunia, BPK dipercaya sebagai ketua Working Group on Environtmental Auditing pada International Organization of Supreme Audit Institution (INTOSAI). Pada Maret 2015, BPK telah terpilih sebagai koordinator auditor eksternal International Anti-Corruption Academy (IACA) di Wina, Austria untuk periode tiga tahun ke depan.

Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Maluku Memotong Nasi Tumpeng HUT BPK RI ke-69

Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Maluku Memotong Nasi Tumpeng HUT BPK RI ke-69

BPK juga berhasil menjadi anggota Common Forum di INTOSAI yang bertugas menyusun dan menyeragamkan berbagai macam standar internasional dalam bidang pemeriksaan keuangan negara. Selain itu, dalam Sidang Umum ke-59 International Atomic Energy Agency (IAEA) yang dilaksanakan di Wina, Austria, pada tanggal 17 September 2015, BPK terpilih dan ditetapkan sebagai eksternal auditor IAEA untuk periode tahun 2016 sampai dengan 2017.

Juga Ketua BPK berpesan kepada seluruh jajaran di BPK untuk selalu menjunjung tinggi independensi, integritas dan profesionalisme. Selanjutnya HUT BPK ke-69 ditutup dengan acara pemotongan nasi tumpeng oleh Kepala Perwakilan yang dihadiri oleh seluruh pegawai disertai acara ramah-tamah dan pembagian hadiah juara perlombaan.