Acara Seminar dan Konseling “Menjadi Pribadi Hebat di Kantor dan di Rumah” Pada BPK Perwakilan Maluku

12/09/2015 – 10:59
Seminar WLB
Kepala Perwakilan Membuka Acara Seminar dan Konseling

Ambon, 25 Agustus 2015.- Acara Seminar dan Konseling “Menjadi Pribadi Hebat di Kantor dan di Rumah” dilaksanakan di Ruang Auditorium BPK Perwakilan Maluku. Acara yang berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 25 dan 26 Agustus 2015), dimana pada hari pertama diadakan seminar dan hari kedua dilakukan konseling kepada para pegawai yang membutuhkan. Rangkaian acara Biro SDM Pusat tersebut dihadiri oleh para pejabat struktural dan para pegawai BPK Perwakilan Maluku. Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Maluku berharap bahwa acara ini dapat menyegarkan kembali semangat kerja para pegawai serta menjadikan setiap pegawai BPK Perwakilan Maluku menjadi pribadi yang hebat di kantor maupun di rumah.

Suasana Ruangan Acara Seminar dan Konseling “Menjadi Pribadi Hebat di Kantor dan di Rumah”
Suasana Ruangan Acara Seminar dan Konseling “Menjadi Pribadi Hebat di Kantor dan di Rumah”

Dalam seminar tersebut diharapkan seluruh pegawai BPK Perwakilan Maluku memiliki Work Life Balance (WLB) yaitu memiliki kehidupan yang seimbang dimana individu mampu melaksanakan tanggung jawabnya di tempat kerja, rumah dan di masyarakat dengan konflik peran yang sangat minimal. WLB ini sangat penting untuk kesehatan mental, well being, self esteem dan kepuasan hidup secara keseluruhan. Dalam seminar, (Ibu Wulansari, Psi.) menjelaskan bagaimana ciri-ciri seseorang memiliki WLB diantaranya; puas dengan kehidupan di tempat kerja dan di rumah, bisa memenuhi tanggung jawabnya di rumah dan tempat kerja tanpa rasa kecewa, sedih dan menyesal, sehat secara emosi, jiwa dan fisik serta merasakan apapun keputusan yang diambil adalah atas pilihan sendiri bukan karena terpaksa.

Antusiasme Peserta Seminar Menari Bersama
Antusiasme Peserta Seminar Menari Bersama

Jika seseorang telah memiliki WLB maka diharapkan setiap individu dapat menjadi pribadi yang hebat baik di kantor maupun di rumah terlebih di lingkungan masyarakat dimana kita berada.  Di tengah-tengah penjelasannya, Psikolog memutarkan video tarian nan lucu seraya mengajak para peserta bergoyang bersama untuk menyegarkan serta mencairkan suasana ruangan yang terlihat tegang dan serius. Di akhir acara, Biro SDM membuka pendaftaran bagi para pegawai yang ingin mengikuti konseling untuk hari kedua. Pada hari kedua dilakukan konseling bagi para pegawai BPK Perwakilan Maluku dengan Psikolog, yang merupakan media untuk menyampaikan keluh kesah serta permasalahan dalam mencapai Work Life Balance. Sehingga setiap pegawai BPK Perwakilan Maluku dapat menjadi abdi negara yang menjunjung tinggi integritas, independensi dan profesional dalam menjalankan tugas, memiliki keharmonisan di dalam keluarga serta sukses menjalankan perannya dlam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.