Diklat Teknik Audit Berbantuan Komputer Menggunakan Arbutus Analyser di Perwakilan Provinsi Maluku

10/07/2009 – 15:02

diklat-arbutsBPK RI Perwakilan Provinsi Maluku bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Latihan BPK RI (Pusdiklat BPK RI) mengadakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) tentang Teknik Audit Berbantuan Komputer dengan menggunakan Arbutus Analyser bagi para pegawai pemeriksa. Arbutus Analyser adalah salah satu dari berbagai macam jenis perangkat lunak yang didesain untuk melakukan analisa data elektronik dan menghasilkan laporan audit secara mudah dan efisien.

Kepala Sub Bagian SDM, Hukum dan Humas, Gunawan Firmanto, dalam hal ini menjelaskan bahwa kegiatan diklat TABK Arbutus yang diadakan selama 3 hari mulai tanggal 15 Juli hingga 17 Juli 2009 ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan skill & knowladge setiap pegawai pemeriksa khususnya dibidang komputer dan kemampuan audit berbantuan komputer sehingga dapat mengimbangi perkembangan teknologi khususnya Teknologi Informasi dibidang sistem keuangan dan penyampaian laporan keuangan yang dewasa ini telah banyak diterapkan oleh banyaknya auditee baik Pemerintah Daerah maupun Badan Usaha Milik Daerah.

Dalam sambutannya pada pembukaan acara diklat TABK Arbutus, Plt. Kepala Perwakilan menegaskan bahwa seorang pemeriksa dituntut dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi (TI) salah satunya adalah lewat penerapan audit dengan menggunakan Arbutus ini, selain dapat mempermudah dan mempercepat pemeriksaan yang dilakukan, Arbutus Analyser juga dapat digunakan untuk mendeteksi permasalahan dalam pemeriksaan lebih awal. Beliau juga mengharapkan agar penggunaan arbutus dapat langsung diterapkan pada kegiatan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah semester II tahun 2009 pada lima entitas pemerintah daerah di wilayah Provinsi Maluku yaitu Provinsi Maluku, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Tengah dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Materi-materi yang disampaikan dengan baik dan jelas oleh Yusuf Ahmadi dan Pratomo Hadi dalam diklat kali ini mencakup antara lain Pengantar TABK dan Arbutus Analyser, Analisis Data dengan Arbutus, Analisa Lanjutan dan Laporan.

Antusias para peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian acara diklat dapat terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan pada instruktur terutama terkait teknik pengaplikasian Arbutus di lapangan.

Pada akhirnya kegiatan diklat ini akhirnya ditutup oleh Plt Kepala Perwakilan Provinsi Maluku dengan pemberian bingkisan bagi peserta teraktif yang diterima oleh peserta Amy Ramadhani dengan harapan bahwa para peserta dapat lebih aktif dan antusias pada pelaksanaan diklat-diklat mendatang dan senantiasa memiliki semangat sebagai manusia pembelajar. (And)