Peringatan HUT RI ke-67, 17 Agustus 2012

17/08/2012 – 07:19

Ambon, Jumat 17 Agustus 2012, BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67. Upacara dipimpin oleh Kepala Perwakilan Drs. Darwin Wibawa, M.M dan diikuti oleh seluruh Pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku. Di tengah cuaca mendung disertai hujan gerimis, upacara yang direncanakan dilaksanakan di halaman Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku, akhirnya dilaksanakan di Ruang Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Maluku.

Dalam Upacara tersebut, Kepala Perwakilan membacakan Pidato Ketua BPK RI yang mengingatkan kepada kita akan sejarah dan hikmah Kemerdekaan yang telah dipersembahkan oleh pendahulu kita. Jika mengingat kembali sejarah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 yang saat itu jatuh pada hari Jumat di Bulan Ramadhan, maka pada peringatan 17 Agustus tahun 2012 ini juga jatuh pada bulan Ramadhan. Pada hari itu pertama kali Sang Merah Putih berkibar sebagai lambang dari sebuah Negara yang Merdeka dan Indonesia Raya dikumandangkan sebagai Lagu Kebangsaan. Hal tersebut disambut dengan sangat suka cita oleh seluruh Rakyat Indonesia. Setelah 67 tahun berlalu selayaknya kita sebagai Bangsa berterimakasih kepada jasa pendahulu kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan. Selanjutnyaadalah tanggungjawab kita sebagai penerus untuk mengisi kemerdekaan dengan lebih banyak kerja keras

Dalam kaitannya dengan mengisi kemerdekaan BPK RI mengemban amanah Undang-Undang sebagai pemeriksa pengelolaan Keuangan Negara. Saat ini BPK RI memang telah berkontribusi dalam memberikan rekomendasi pengelolaan Keuangan Negara yang tertib dan telah banyak pula kerugian Keuangan Negara yang telah disetor kembali ke kas Negara. Bahkan di forum internasional BPK RI juga telah berperan aktif dalam berbagai kegiatan baik dalam Intosai, Aseansai, dan kegiatan lainnya. Namun semua pencapaian tersebut bukanlah garis akhir dari tugas BPK RI. Masih banyak hal-hal yang tidak kalah penting seperti menjawab tuntutan Masyarakat dalam kaitannya dengan pemeriksaan kasus penyalahgunaan Keuangan Negara seperti Kasus Bank Century, semakin kritisnya masyarakat menilai hasil pemeriksaan BPK RI dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut memerlukan tanggapan yang tidak akan tersaji dalam waktu satu atau dua hari. Menjawab ekspektasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat adalah tantangan besar yang harus kita kejar dengan kerja keras.

Di akhir kata, Ketua BPK RI berpesan kepada seluruh jajaran di BPK untuk selalu memiliki komitmen tinggi terhadap kesejahteraan dan kemakmuran NKRI. Yang dilaksanakan melalui pemeriksaan BPK yang menjunjung tinggi independensi, integritas, dan profesionalisme. Dan menyambut Idul Fitri, beliau atas nama BPK dan selaku pribadi mengucapkan selamat Idul Fitri 1433 mohon maaf lahir batin.

Sebagai penutup Upacara, Kepala Perwakilan BPK RI Bapak Drs. Darwin Wibawa, M.M., berpesan kepada seluruh Pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku agar senatiasa menjaga dan meningkatkan disiplin dalam bekerja. Selain itu beliau juga secara dinas maupun selaku pribadi mengucapkan selamat Idul Fitri 1433 H, mohon maaf lahir batin. (DS)

Persiapan upacara sebelum pindah ke auditorium

Kepala Perwakilan Provinsi Maluku, Drs. Darwin Wibawa, M.M membacakan Pidato Ketua BPK RI

Pembacaan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 oleh Stefino Anggara, S.H dan Nurul Fajriyah,S.E.

Kepala Perwakilan Provinsi Maluku, Drs. Darwin Wibawa, M.M melakukan penghormatan kepada Bendera Merah Putih

Penghormatan kepada Bendera Merah Putih dipimpin oleh Komandan Upacara I Gde Agus Ambarana, S.E, Ak.

Tim Paduan Suara menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu Utami Estiningsih

Para peserta upacara mendengarkan Pidato Ketua BPK RI yang dibacakan oleh Kepala Perwakilan Provinsi Maluku, Drs. Darwin Wibawa, M.M dengan khidmat

Pembacaan doa oleh Bardhan Dalimunthe

Kepala Perwakilan Provinsi Maluku, Drs. Darwin Wibawa, M.M dan seluruh peserta upacara khusuk mendengarkan doa

Penghormatan kepada Inspektur Upacara sebelum upacara berakhir