Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018

20/08/2018 – 11:00

Kepala Perwakilan Selaku Inspektur Upacara

Ambon, 17 Agustus 2018, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018 di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Maluku, Ambon. Kepala Perwakilan , Muhammad Abidin, selaku Inspektur Upacara  menyampaikan pidato Ketua BPK RI dengan tema Kerja Kita Prestasi Bangsa. Dalam pidato Ketua BPK tersebut disampaikan bahwa Peringatan HUT kemerdekaan tahun ini sangat istimewa karena Indonesia kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang mengusung tema “The Energy of Asia”.

Sejalan dengan hal tersebut, terlahir dua tema utama perayaan kemerdekaan kita tahun ini, yaitu kerja dan energi.  Kedua tema ini diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar tercipta semangat dalam bekerja bersama membangun negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia. BPK sebagai lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara harus mengambil peran strategis untuk mengisi kemerdekaan ini, berperan penting untuk memastikan program-program prioritas pembangunan nasional telah direncanakan, dilaksanakan, dan dilaporkan secara transparan, akuntabel, ekonomis, efisien, dan efektif.

Peresmian SiPTL Center

Pemeriksa BPK harus memahami dan melaksanakan Kode Etik BPK secara konsisten dan konsekuen untuk menghadapi tantangan yang dapat mengganggu kinerja dan kredibilitas BPK sebagai lembaga pemeriksa. Bekerja secara profesional dan selalu menjaga nama baik BPK. Dalam pidato Ketua BPK tersebut menegaskan bahwa semua bentuk pelanggaran kode etik akan diproses oleh Inspektorat Utama dan Majelis Kehormatan Kode Etik (MKKE). Apabila ditemukan unsur pidana akan diserahkan ke instansi yang berwenang.

BPK kembali terpilih sebagai pemeriksa eksternal International Atomic Energy Agency (IAEA) untuk periode 2017-2019 dan sebagai anggota panel external auditor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertugas sebagai lembaga pemeriksa untuk badan-badan dalam komunitas PBB. BPK juga terlibat dalam pemeriksaan Sustainable Development Goals (SDGs) di lingkungan organisasi BPK sedunia. Keaktifan BPK di dunia Internasional adalah bagian dari peningkatan kapabilitas pemeriksa dan menunjukan kemampuan anak bangsa dalam pemeriksaan lembaga internasional.  Dengan capaian tersebut, BPK perlu memberikan apresiasi kepada para pegawainya. Diantaranya adalah peningkatan pelayanan kesejahteraan pegawai BPK dengan akan diadakannya program Managed Care. Program ini merupakan peningkatan layanan kesehatan bagi seluruh pegawai BPK selain yang disediakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Selain itu, BPK akan bekerja sama dengan pengembang perumahan memfasilitasi perumahan yang dapat dijangkau oleh pegawai BPK. Program-program tersebut merupakan pilihan tetapi diharapkan dapat diikuti oleh seluruh pegawai BPK demi peningkatan kesehatan dan kesejahteraan. 

Penyematan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya

Pada tahun ini pegawai BPK diusulkan kenaikan Tunjangan Pejabat Tertentu perlu dilakukan karena sudah 33 tahun belum pernah disesuaikan, sehingga kenaikan tersebut cukup signifikan. Kenaikan tunjangan ini dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan seluruh pelaksana BPK, antara lain untuk peningkatan jaminan kesehatan. Kenaikan tunjangan ini hendaknya diiringi dengan peningkatan kinerja seluruh pegawai.

Sebagai penutup pidato Ketua BPK, selalu mengharapkan dan menekankan agar seluruh pegawai BPK senantiasa bekerja dengan kompak, bersinergi, dan penuh semangat dan tetap memegang teguh integritas, independensi, dan profesionalisme untuk meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan.

   Syukuran Makan Bersama Potong Tumpeng

Pada kesempatan upacara HUT ke-73 ini juga dilakukan Penyematan Tanda Kehormatan kepada pegawai BPK Perwakilan Provinsi Maluku yaitu Satyalencana Karya Satya XX Tahun kepada Lukman Hakim, Kasubauditorat Maluku I dan Ruben Sidabutar, Kasubbag Humas dan TU Kalan.  Satyalencana Karya Satya X Tahun kepada Febry Adi Purnama dan Uthar Mukthadir, Pemeriksa Muda. Upacara HUT ke-73 dihadiri pejabat struktural, pegawai, satuan pengaman dan diikuti oleh ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan BPK Perwakilan Provinsi Maluku.