Upacara Bendera dalam Rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila pada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Maluku

04/06/2018 – 09:00

Inspektur Upacara membacakan sambutan                     Presiden Republik Indonesia

Ambon, 2018. Jumat (1/6) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara dilaksanakan di halaman kantor BPK Perwakilan Provinsi Maluku dengan dipimpin oleh Arther Rysan Belseran sebagai komandan upacara.

Kepala Sub Bagian Humas dan TU, Ruben Sidabutar, selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden RI menjelaskan bahwa Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945. Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu berdaulat, adil dan makmur.

Dalam sambutannya Presiden RI juga menekankan bahwa rangkaian prsoses lahirnya Pancasila harus selalu diingat, didalami dan dipahami rohnya. Sebagai kesimpulan dari sambutannya, 

Pengibaran Bendera Merah Putih

Presiden RI menghimbau untuk selalu mengingat bahwa memastikan Pancasila hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran adalah tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia. Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu, dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Sehingga ke depannya Indonesia mampu bersatu, berbagi dan berprestasi untuk menuju Indonesia yang maju dan jaya.

Selamat Hari Lahir Pancasila!

Kita bersatu!  

Kita berbagi!

Kita berprestasi!